Site icon Lensa Dan Pena

Mengembalikan File Yang Terhapus

0000 - Media Penyimpanan - Salomo - LensaDanPena.com

Media Penyimpanan

Sering kali kita mengalami kejadian file yang terhapus secara tidak sengaja atau dihapus oleh virus. Sebagai contoh, pada kali ini saya mencoba mengembalikan / recover file – file di hard disk external teman yang terhapus. Hard disk teman saya ini yang mungkin terkena virus. Hard disk yang seharusnya berukuran 1 TB berubah menjadi 512 GB dan seluruh filenya dihapus.

EaseUs Data Recovery Wizard

Saya akan menggunakan aplikasi EaseUS Data Recovery Wizard Technician untuk mengembalikan file –file yang terhapus. Apalikasi ini dapat digunakan untuk mengembalikan file –  file yang hilang di berbagai jenis penyimpanan, contohnya hard disk, hard disk external , flash disk, dan memory card. Sebelum memulai proses pengembalian file – file yang terhapus, kita harus menyiapkan tempat penyimpanan data untuk file – file yang nanti berhasil diproses. Buatkan sebuah folder khusus untuk menampung hasil proses. Aplikasi ini mudah digunakan, berikut ini cara penggunaan aplikasi ini:

Scan

Ketika pertama kali kita membuka apalikasi EaseUS Data Recovery, kita dapat memilih media penyimpanan yang akan kita kembalikan file –  filenya. Klik tombol scan untuk memulai proses.

Proses Scan

Gambar dia atas ada tampilan proses scan setelah kita mengklik tombol scan.  Pada saat ini tombol Recover dalam keadaan disable.

Proses scan selesai

Setelah proses scan selesai, maka tampil daftar file – file yang dapat dikembalikan. Kita bisa memilih folder atau file yang akan dikembalikan. Kemudian klik tombol Recover. Setelah itu kita akan memilih folder untuk menampung hasil pengembalian data.

Proses recover

Kita akan dapat melihat EaseUS Data Recovery memproses file demi file.

Proses recover selesai

Gambar di atas akan muncul ketika proses pengembalian file selesai.

Hasil recover

Kita dapat mengecek hasil proses pengembalian data di folder yang sudah kita pilih sebelumnya.  Aplikasi ini mampu mengenali nama file yang terhapus, sehingga akan mempermudah kita. File – file yang berhasil dikenali program ini akan dikelompokkan ke dalam folder – folder berdasarkan jenis – jenis filenya. Proses selesai. (Salomo / LensaDanPena)

Exit mobile version